09 Agustus 2018 menurut Djohan Darmady

Tips Menjadi Fotografi Arsitektur

Menurut Djohan Darmady

 

Fotografi arsitektur menawarkan lebih dari sekadar detail bersejarah atau bentuk-bentuk modern. Hasil foto tak selalu bergantung pada indahnya desain bangunan, namun juga cara mengambil angle yang berbeda dan menarik.

Fotografi dan arsitektur, dua hal yang berhubungan erat. Demikianlah fotografi arsitektur mengabadikan subyek-subyek arsitektur dalam bungkus estetika fotografi. Tak hanya menonjolkan subyek arsitektural, tapi juga mengindahkan kaidah-kaidah fotografi.

Hal terpenting dalam fotografi arsitektur, dan cabang-cabang fotografi lainnya, adalah cahaya. Cahaya bisa menampilkan wujud dan bentuk, yang bermuara pada visualisasi dimensi. Cahaya melahirkan bayangan, yang jangan dihilangkan, melainkan dimainkan dengan cantik. Permainan bayangan niscaya tak kalah ampuh untuk juga menampilkan wujud, bentuk dan dimensi.

Ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan terkait fotografi arsitektur  antara lain :

 

  1. Sudut Pandang

Bangunan akan berubah saat kita merubah sudut pandang, maka dari itu pertimbangkan sudut pandang atau angel sebelum memotret arsitektur / building

 

 

  1. Komposisi

Untuk mengorganisir elemen gambar sehingga dihasilkan karya seni yang menarik perhatikan posisi dari komposisi gambar, 1/3 bagian atau menggunakan komposisi yang biasanya dipakai dalam fotografi landscape

 

  1. Gangguan Secara Visual

Banyak hal yang akan menggangu antara lain kabel listrik, mobil, manusia yang berlalu lalang, atau elemen urban lain yang diletakkan “tidak ditempat yang sesuai”.

 

Hampir semua orang menghabiskan sebagian besar hidupnya didalam bangunan, apakah rumah, kantor atau rumah sakit kesemuanya adalah hasil karya arsitektur. Karya arsitektur yang kita tempati tersebut bisa menjadi objek yang menarik, namun tahukah kita cara membingkainya ?

Memotret diluar dan didalam ruangan tentu akan sangat berbeda dari sisi pencahayaan. Didalam ruangan akan membutuhkan cahaya tambahan, tripod dan lensa wide angle, sedangkan diluar ruangan kita tidak akan memiliki kontrol terhadap cahaya matahari, dan hal yang seringkali bisa kita lakukan adalah bersabar. Kepekaan terhadap desain, sudut dan detail akan mengantarkan kita menjadi fotografer arsitektur yang lebih baik.

 

Berikut adalah beberapa tips mendapatkan eksterior arsitektur yang lebih baik

 

  • Membuat perencanaan 

Menampilkan arsitektur dalam bentuk miniatur merupakan suatu kesalahan yang perlu dihindari. Fotografi arsitektur justru akan menguatkan kesan megah yang bisa ditampilkan dengan lensa tilt and shift atau wide angle yang memiliki karakter memperpanjang jarak.

 

 

  • Gunakan filter Graduated neutral density

untuk menggelapkan area langit yang highlight.

Berdiri di tempat yang tinggi karena seringkali dari sudut ini kita mendapatkan perspektif yang lebih luas sehingga objek dapat masuk dalam 1 frame.

 

 

  • Menggunakan lensa tilt shift 

 

fotografer arsitektur professional mampu memperbaiki perpektif dimana menggunakan lensa standart semakin tinggi menara akan terlihat semakin kecil, namun dengan lensa tilt shift akan nampak lurus dan nyata. Memilih waktu dipagi hari karena warna langit akan mampu menonjolkan detail bangunan

 

  • Memotret dimalam hari 

 

Lampu malam hari akan memberikan warna-warni dan bangunan dengan shutter speed lambat akan nampak tajam. Waktu paling baik adalah sore menjelang malam saat langit kekuningan atau pagi menjelang terbitnya matahari.

 

 

  • Meluruskan garis melengkung

 

Jika anda tidak memiliki budget membeli lensa tilt shift pasti menemui kendala saat menggunakan lensa wide angle yakni garis yang nampak miring karena semakin tinggi bangunan akan nampak semakin kecil. Gunakan software editing untuk mengatasi masalah tersebut.

Bila Gunakan komposisi leading lines

bukan hanya untuk fotografi landscape namun fotografi arsitektur juga sangat baik. pilihlah jalan setapak atau jalanan perkotaan untuk memandu mata menuju poin utama.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: