13 agustus 2018 written by Djohan Darmady

Strategi Marketing Pemasaran Menurut djohan darmady

Suatu bisnis tidak akan mencapai kesuksesan dalam memenangkan persaingan pasar apabila hanya mengandalkan sales semata. Namun, hasil penjualan yang maksimal juga tidak akan tercipta apabila tidak didukung dengan strategi marketing yang tepat.

Suatu perusahaan tentunya dapat melakukan penjualan, namun suatu perusahaan belum tentu dapat merencanakan strategi pemasaran yang dapat memuaskan kebutuhan, serta keinginan dari para pelanggannya.

Peran sales dan marketing memang saling bergantung satu sama lain, sehingga sebagian besar orang salah menyangka bahwa sales dan marketing memiliki makna yang sama, yaitu menjual produk. Namun kenyataannya, kedua fungsi antara sales dan marketing tak dapat disamakan. Hal ini patut disayangkan, karena tanpa adanya pengertian yang benar akan sulit mengoptimalkan kedua fungsi tersebut.

Sales merupakan kegiatan yang hanya berfokus pada penjualan suatu produk dan bertujuan dalam meningkatkan penjualan produk saja. Marketing merupakan keseluruhan dari sistem pemasaran terpadu pada suatu kegiatan bisnis, bertujuan untuk merencanakan suatu produk, penetapan harga, penetapan cara promosi, dan pendistribusian barang untuk memuaskan pelanggan.

Hubungan antara marketing dan pelanggan perlu dijaga sebaik mungkin, agar dapat mempertahankan loyalitas konsumen terhadap perusahaan atau bisnis.

Tujuan utama dari strategi ini adalah memungkinkan penempatan harga premium dan margin yang memadai pada merek yang dimiliki oleh suatu bisnis. :

  • Product

Marketing berusaha melakukan riset untuk mengetahui produk apa saja yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

  • Price

Marketing menetapkan harga yang sesuai dengan “kemampuan” konsumen, agar sesuai dengan pangsa pasarnya.

  • Place

Marketing mencari saluran distribusi yang tepat dan efisien, sehingga produk atau jasa dari perusahaan dapat menjangkau para konsumen.

  • Promotion

Berbagai cara promosi yang dapat dilakukan, diantaranya dengan melakukan direct selling melalui sales, periklanan melalui berbagai media (cetak, maupun digital), Hubungan Masyarakat (CRM), dan sebagainya.

Setelah strategi marketing selesai dirumuskan, produk sudah jelas pangsa pasarnya, barulah sales mulai melakukan penjualan.

Berikut adalah 5 strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan:

  • Kenalilah Pelanggan Anda

Bagaimana kita bisa memberikan pelayanan baik? Kenalilah Pelanggan Anda. Lihatlah para pelayan Raja yang sangat cermat dalam memperhatikan tingkah laku sang Raja. Mereka tahu ciri-ciri Raja jika mengantuk, gelagat Raja jika dia lapar, dan sebagainya, sehingga dia bisa melayani berdasarkan data hasil pengamatannya dan menghasilkan pelayanan yang lebih akrab. Begitulah seharusnya seorang pengusaha, mereka harus mampu membaca profil para pelanggan mereka. Kemudian memberikan pelayanan yang sesuai dengan profil mereka masing-masing. Percayalah, pelanggan Anda akan jauh lebih loyal pada Anda.

  • Pilih Lokasi Yang Strategis

Strategis sangat penting dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.

  • Menggunakan Internet Marketing

Strategi pemasaran banyak dilakukan dengan internet marketing. Dengan menampilkan produk usaha anda pada situs jejaring sosial, maka anda dapat mengetahui bagaimana selera konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Dengan menggunakan internet marketing, anda juga dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu dengan kenyamanan-kenyamanan tersendiri kepada pelanggan.

  • Lakukanlah Promosi

Lakukan promosi secara rutin walaupun sekecil – kecil promosi karena dengan promosilah jualan akan terjadi dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Dengan berbagai usaha tersebut, dengan sendirinya Anda akan menemukan pelanggan yang membutuhkan produk yang Anda tawarkan. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth publicity, kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu, siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru. Dengan promosi pulalah pelanggan akan tahu kewujudan anda walaupun anda baru atau lokasi kedai anda agak tersorok.

  • Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

Di era teknologi sekarang ini, dimana pelanggan tidak lagi hanya berhubungan dengan perusahaan tetapi juga dengan sesama pelanggan lainnya. Seorang Pelanggan yang kecewa bisa dengan mudah mengungkapkan rasa kecewanya melalui tulisan di blog ataupun melalui social media yang tentu saja akan cepat tersebar dan dilihat oleh pelanggan dan calon pelanggan lainnya, hal ini tentunya sangat merugikan perusahaan. Image baik yang sudah melekat selama bertahun-tahun di sebuah perusahaan mungkin saja bisa tiba-tiba menjadi sangat buruk karena dirusak oleh hal-hal yang mungkin dianggap sepele perusahaan.

Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen merupakan kunci terakhir yang harus anda pegang untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: