16 agustus 2018 written by djohan darmady

ada beberapa Modal Kerja Menurut Djohan Darmady

1.      Pengertian Modal Kerja Secara umum

Tahukah anda apa itu pengertian Modal Kerja secara umum, yaitu memiliki arti sebagai kelebihan aktiva lancar pada kewajiban hutang jangka pendek. Kelebihan tersebut merupakan modal kerja bersih.

Dalam hal ini Modal kerja merupakan modal yang tidak digunakan untuk investasi melainkan untuk kegiatan operasional.

Rumus modal kerja dalam laporan neraca yaitu diperoleh dengan mengurangkan harta lancar dengan kewajiban yang perlu dibayar.

Kata lain dari modal kerja adalah keseluruhan aktiva lancar yang dimiliki perusahaan, atau dapat pula dimaksudkan sebagai  dana yang harus tersedia untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan sehari-hari.

2.    Definisi Modal Kerja Menurut Para Ahli

Definisi Modal kerja juga ada yang menurut para ahli, yaitu suatu investasi perusahaan dalam aktiva jangka pendek seperti kas ataupun sekuritas yang gampang dijual, persediaan dan piutang. Sedangkan modal kerja bersih merupakan pengurangan aktiva lancar dengan hutang lancar.

Setelah membahas tentang apa itu definisi Modal kerja, maka tahu kah anda modal kerja? Modal kerja adalah penjumlahan dari aktiva lancar. Aktiva lancar itu sendiri tersebut adalah modal kerja kotor. Pengertian ini bersifat kuantitatif dikarenakan jumlah dana yang dipakai dalam tujuan operasi jangka pendek. Ketersediaan modal kerja sangat tergantung pada tingkat liquiditas aktiva lancar (kas, surat berharga, persediaan, dan piutang)

Konsep Modal Kerja

Ada beberapa konsep modal kerja berdasarkan berbagai pengertian sebelumnya . Tiga konsep tersebut sebagai berikut :

1.    Konsep Kuantitatif

Konsep yang pertama yaitu konsep kuantitatif fokus pada kuantum yang dibutuhkan dalam memenuhi keperluan perusahaan pada pembiayaan operasi rutin. Selain itu konsep ini menunjukkan jumlah dana yang ada dalam sasaran operasi jangka pendek. Konsep ini juga menyatakan modal kerja merupakan jumlah aktiva lancar.

2.    Konsep Kualitatif

Selanjutnya Konsep Kualitatif  yaitu modal kerja adalah selisih aktiva lancar dengan hutang jangka pendek. Aktiva lancar mempunyai definisi yaitu dari pemilik perusahaan atau pinjaman jangka panjang. Kualitatif pada intinya menitik beratkan pada modal kerja.

3.    Konsep Fungsional

Konsep yang terakhir yaitu  menitik beratkan pada fungsi dana yang ada untuk menciptakan laba dari usaha pokok perusahaan.

Pengertian Manajemen Modal Kerja

Setelah anda mengetahui apa itu pengertian dari modal kerja dan konsep-konsep dari modal kerja, maka tahukan anda pengertian dari manajemen modal kerja. Manajemen modal kerja adalah manajemen pada aktiva dan pasiva lancar.

Investasi adalah hal yang terpenting pada bagian piutang barang atau aktiva liquid yang sangat sensitif pada tingkat produktivitas dan penjualan.

Tujuan Manajemen Modal Kerja

Ada beberapa tujuan Manajemen modal kerja yang perlu anda  ketahui, yaitu:

  1. Rangka pemenuhan profitabiltas bagi perusahaan
  2. Yang keduanya, Adanya ketersediaan modal kerja maka perusahaan akan mampu membayar kewajiban sesuai dengan waktu yang ditentukan
  3. Dan bertujuan jika apabila rasio keuangan menunjukkan trend positif maka perusahaan dapat memperoleh suntikan dana dari kreditor
  4. Bertujuan untuk mengoptimalkan aktiva lancar dalam peningkatan penjualan dan profit.
  5. Dan juga Sebagai proteksi bila krisis modal kerja melanda dikarenakan nilai aktiva lancar yang fluktuatif

Perputaran Modal Kerja

rasio yang dipakau dalam pengukuran atau penilaian tingkat efektifitas modal kerja pada periode tertentu merupakan pengertian dari perputaran modal. Rasio juga tersebut dapat dihitung melalui perbandingan penjualan dengan modal kerja (rata-rata).

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: