1 agustus 2018 written by djohan darmady

beberapa cara untuk menghargai orang lain menurut djohan darmady

  1. Bersikap Ramah
    cara menghormati setiap orang baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Jika anda bersikap ramah terhadap orang lain maka orang lain juga akan menunjukkan sikap bersahabat kepada anda.
  2. Bersikap Adil
    Bersikap adil kepada semua orang membuat setiap orang merasa dihargai dan diperlukan setara. Setiap orang ingin diperlakukan dengan adil. Jika seseorang merasa diperlakukan tidak adil, ia akan cenderung memberikan respek buruk.
  3. Jangan Menghina atau Mengejek
    Menghargai orang lain berarti tidak merendahkan derajatnya di depan umum. Menghina atau mengejek orang lain dapat membuat ia sakit hati. Hindari menggunakan kata-kata yang menyakiti perasaan orang lain.
  4. Hormati Pendapat Orang
    Mendengarkan adalah sebuah penghargaan. Setiap orang ingin dihargai saat ia berbicara atau mengemukakan pendapat. Dengarkan dan hormati pembicaraan orang lain sekalipun anda tidak sependapat. Berikan pendapat anda jika diminta.
  5. Berikan Dukungan
    Anda dapat memberikan dukungan secara moril jika anda setuju terhadap perbuatan baik atau ajakan baik seseorang. Hal ini membuat seseorang yang telah berusaha berbuat baik merasa dihargai.
  6. Perhatikan Kesukaan dan Ketidaksukaan Orang
    Mengetahui kesukaan dan ketidaksukaan seseorang membantu anda untuk menghargainya dan menghindarkan anda berbuat sesuatu yang membuatnya tidak senang, baik secara sengaja maupun tidak.
  7. Jangan Menyindir
    Hargai orang lain dengan tidak mengungkit keburukannya, meskipun anda tidak menyebutkan namanya. Menyindir adalah membicarakan dengan sengaja tentang keburukan seseorang secara tidak langsung. Bagi orang yang merasa disindir, sindiran sama saja dengan penghinaan yang merendahkan dirinya.
  8. Jangan Membicarakan Kejelekan Orang
    Menghargai orang lain adalah menyembunyikan kekurangannya. Membicarakan kejelekan orang lain di belakangnya dapat menjatuhkan wibawanya. Hindari menggunjing orang lain, ingatlah akan kekurangan diri anda sendiri sebelum membicarakan kekurangan orang lain.
  9. Sensitif terhadap Perasaan Orang
    Adakalanya pembicaraan atau perbuatan anda dapat menyinggung perasaan orang lain meskipun anda tidak bermaksud demikian. Berlaku sensitif terhadap perasan orang lain menghindarkan anda untuk membicarakan atau berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan bagi orang lain.
  10. Jangan Memaksa
    Menghargai orang lain adalah menghormati hak asasinya. Hindari memaksa atau melakukan intimidasi terhadap orang lain agar melakukan sesuatu yang diluar wewenang anda.

Beberapa hal yang dapat dilakukan agar seseorang dapat dan makin menghargai orang lain,
yaitu:

  • Menerima diri apa adannya dan bersyukur kepada Tuhan, Sang pemberi kehidupan;
  • Membiasakan diri untuk selalu hidup baik di mana pun dan kapan pun;
  • Hidup dalam kasih agar selalu menebarkan kasih dan penghargaan kepada sesama;
  • Membuang sikap mementingkan diri sendiri;
  • Mengingat selalu bahwa makhluk sosial (yang saling membutuhkan) dan punya tanggung jawab sosial untuk melindungi dan menghargai orang lain;
  • Menjalankan agama dengan penuh ketaatan kepada Tuhan dan penghargaan kepada sesama;
  • Membuang segala pikiran negatif (jahat) dan prasangka berlebihan (buruk) terhadap sesama;
  • Tidak bersikap dan bertindak diskriminatif kepada siapa pun;

Kunci memperlakukan orang lain dengan sikap menghargai adalah dengan memperlakukan mereka sebagai mana Anda ingin orang lain memperlakukan Anda. Ketika berurusan dengan orang yang sulit, temukan alasan atau masalah dibalik perlakuan mereka yang tidak menghargai Anda. Maka Anda akan dapat menguasai situasi kemudian memperlakukan mereka dengan baik.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: