12 12 2018 Written by Djohan Darmady

Bidang pendidikan menurut DJOHAN DARMADY

Pendidikan adalah proses seseorang mengembangkan kemampuan, sikap, dan tingkah laku lainnya di dalam masyarakat tempat mereka lahir.

Ada beberapa tips dalam bidang pendidikan menurut DJOHAN DARMADY:

  • Jangan mudah menyerah

Siapapun anda, anda harus memperhatikan sifat anda terlebih dahulu jangan gampang mudah menyerah. Karna harus anda sadari bahwa dalam setiap perjalanan hidup, pasti kita akan di hadapi dengan berbagai masalah, yang kadang-kadang memang sangat berat. Namun, yakinlah bahwa di dalam sebuah masalah yang berat tersebut pasti ada hikmah yang kadang kita tidak akan mengerti sebelum kita mengahadapi masalah tersebut. Maka dari itu, hadapi masalah tersebut. Hadapi masalah tersebut dengan lapang dan penuh semangat.

  • Pentingnya menanamkan karakter positif sejak dini

Kedudukan  karakter dalam perjalanan setiap manusia sangat penting bagi kita. Bagaimana seseorang dalam menjalani hidupnya. Siapapun dia, apapun profesinya, ketika memiliki karakter posotif, tentu akan lebih baik dari pada yang tidak memiliki karakter. Maka dari itu, penanaman karakter positif ini sangat di perlukan sejak dini agar bisa menjadi modal mereka dalam mengarungi perjalanan hidup yang sangat berat.

  • Kita harus menghormati orang yang lebih tua

Bagaimana pun juga orang yang lebih tua pasti lebih berpengalaman dari kita yang lebih muda. Dan barang kali ada beberapa pola pikir dan pendapat yang mungkin berbeda dengan kita yang muda, maka kita tetap harus menghormatinya. Kita harus bisa menyampaikan pendapat kita yang berbeda dengan cara yang sopan dan santun penuh dengan tata kramanya.

  • Pentingnya pendidikan bagi masa depan

Pendidikan merupakan salah satu upaya kita untuk menanggulangi kebodohan dan kemiskinan yang terjadi di Negara kita yaitu Indonesia. Yang mana kita ketahui bersama, bahwasanya dengan seseorang mengenyam bangku sekolah maka, orang tersebut telah mengetahui berbagai hal yang ada di dunia ini.

  • Menumbuhkan semangat belajar pada anak

Manusia adalah seseorang pembelajar sejati dimana dia akan selalu mempelajari lingkungan terus menerus baik secara langsung sebagai informasi atau sebagai bekal dia beradaptasi. Dan pembelajaran ini dimulai dari hal sederhana ketika anak masih kecil seperti ketika dia belajar merasakan benda, berjalan atau bicara. Akan tetapi kebanyakan orang tua masih belum mengerti bahwa bagaimana kita menyikapi proses dalam pembelajaran.

Tahap-Tahap dalam perencanaan pendidikan

Tahapan yang harus dilakukan dalam menyususun perencanaan pada suatu lembaga pendidikan, sebagai berikut:

  • Pra perencanaan

Merupakan suatu tahapan yang digunakan untuk menganailisis masalah-masalah bisa timbul dalam suatu lembaga pendidikan dan akan mempengaruhi lembaga pendidikan tersebut.

  • Formulasi program rencana

Kita mempunyai 2 perencanaan, yang pertama menyiapkan sepangkat keputusan yang di ambil oleh otoritas, yang kedua menyediakan pola dasar pelaksanaan yang akan di laksanakan oleh berbagai satuan organisasi yang bertanggung jawab.

  • Elaborasi rencana

Merupakan suatu dokumen singkat, padat, jelas dan lengkap. Dengan demikian sebelum rencana itu di implimentasikan, perlu di lakukan elaborasi. Artinya di perinci sedemikian rupa sehingga setiap tugas dari unit-unit dalam organisasi pendidikan.

  • Ada 2 langkah yang harus di tempuh dalam proses elaborasi yaitu:

  1. Identifikasi dan formulasi proyek. Tiap program terdiri dari kelompok aktivitas sejenis yang di buat dalam rangka menghitung dan mengalokasikan dana.
  2. Pembuatan program adalah membagi rencana menjadi area-area pelaksanaan tiap area dinamakan program, kegiatan yang diawali oleh unit administrasi yang sama.

[/et_pb_text]
[/et_pb_column]
[/et_pb_row]
[/et_pb_section]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: