31 juli 2018 written by djohan darmady

Cara Melatih Sikap Displin Menurut Djohan Darmady

Apakah kalian tau apa itu disiplin ?

Disiplin berasal dari bahasa latin “Discere” yang artinya belajar . Disiplin dalam bahasa inggris “disciple” yang artinya pengikut atau murid.

Disiplin adalah rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercaya dan menjadi tanggung jawabnya. Dengan kata lain disiplin adalah patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek mentaati sebuah peraturan.

Mengapa sikap disiplin harus dilatih sejak kecil ?

Sikap Disiplin itu harus dilatih dan dibiasakan. Mungkin banyak orang yang tidak tahu arti penting disiplin. Oleh karena itu, Bunda harus mulai mengajari dan mengembangkan sikap disiplin sejak anak berusia dini agar ia terbiasa menerapkannya pada kegiatannya sehari-hari.

 

Cara mengembangkan sikap disiplin pada anak yang pertama adalah dengan membuat jadwal. Tuliskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan si kecil setiap harinya.

 

Berikut cara melatih disiplin waktu menurut Djohan Darmady :

TENTUKAN PRIORITAS

Mulailah untuk mengatur waktu agar lebih efisien dengan caa menentukan prioritas. Kerjakan tugas – tugas yang penting Karena waktu sangat berharga maka kita harus memaksimalkannya dengan baik.

Mulailah untuk bekerja, cerdas dan sederhana. Jangan sekali-kali
mengabaikan tugas penting Anda, agar hasil Anda benar-benar signifikan.

BUAT RENCANA SMART

Membuat sebuah rencana yang baik & benar adalah awal dari sebuah kesuksesan besar, tetapi dengan cara membuat sebuah rencana yang SMART adalah kepastian dari sebuah kesuksesan itu sendiri. SMART adalah Specific, Measureable, Achievable, Reasonable, Timeline.

Rencana yang spesifik, terukur, dapat kita capai, dan realistis akan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan.

Buat jadwal untuk menyelesaikan tugas/pekerjaan paling sulit diawal pekan setiap minggunya, agar diakhir pekan Anda bisa lebih santai.

HINDARI SIKAP PERFEKSIONIS

Ada manusia yang terlahir dengan sifat cuek, tapi ada juga yang sangat memperhatikan setiap hal yang terjadi dalam hidupnya. Katanya sih orang-orang dengan sifat seperti ini disebut dengan perfeksionis, atau orang-orang yang selalu menginginkan semua hal sempurna terjadi dalam hidupnya. Baik apa nggak sih?

sikap perfeksionis justru tak baik karena dapat mengganggu kesuksesanmu, baik itu di tempat kerja, sekolah, pertemanan, bahkan kehidupan dalam bermasyarakat

Belajar menghindari kesempurnaan akan membantu Anda dalam membagi waktu. Mulai saat ini, luangkan waktu Anda untuk mengerjakan hal-hal penting prioritas dan mungkin lebih menyenangkan. Bila terjadi kekeliruan segera perbaiki dan jangan larut dalam penyesalan.

HINDARI KEBIASAAN MENUNDA

Menunda tugas penting untuk sesuatu hal yang sepele memang akan merugikan diri Anda sendiri. Bila kewajiban itu memang penting, lakukan sesegera mungkin dan alokasikan waktu Anda untuk menyelesaikannya. Mulailah dengan memilih hanya satu hal yang harus dilakukan cepat dan buatlah komitmen tentang waktunya.

BERSIKAP TEGAS

Ketegasan adalah kemampuan berkomunikasi dan juga perilaku. Orang yang tegas menyampaikan perasaan dan pikiran mereka dengan sikap pantas dan langsung pada sasaran. Mengatakan “tidak” dan menolak tugas yang tidak dapat kita lakukan tentu akan menjadi dilematis. Untuk itu, mulailah bersikap tegas terhadap kedua hal itu. Jika memang kita tidak mampu untuk menyelesaikannya jangan pernah memaksakan diri.

JANGAN MELUPAKAN DIRI SENDIRI

Dalam membuat rencana, hendaknya tidak lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu istirahat untuk kita sendiri.Selama waktu itu tiba, pastikan kita benar-benar berhenti dari pekerjaan, bersantai dan lakukan isi ulang baterai semangat Anda.Jika diperlukan rebahkan sejenak badan Anda untuk menghilangkan rasa penat
seharian beraktivitas.

Berikan penghargaan kepada diri Anda sendiri ketika berhasil menghindari
kebiasaan yang melelahkan.

BUAT RENCANA CADANGAN

Masukan dalam daftar rencana Anda waktu ekstra untuk tugas-tugas yang tidak terduga seperti mengisi ulang baterai handphone. Lakukan revisi terhadap rencana Anda secara berkala untuk kegiatan yang tidak terduga.Hal-hal yang memakan waktu lebih lama seperti mengisi ulang
baterai HP dan antrian panjang mengisi ulang bensin kendaraan Anda, lakukan hal
ini untuk solusi alteratif kedua hal ini.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: