31 juli 2018 written by Djohan Darmady

CARA MEMBUAT USAHA KECIL MENEGAH MENURUT DJOHAN DARMADY

Usaha Kecil Menengah atau yang sering disingkat UKM merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara Indonesia. Usaha Kecil Menegah  ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. Usaha Kecil Menegah ini juga sangat membantu negara atau pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat Usaha Kecil Menegah juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Selain dari itu UKM juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. UKM ini perlu perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar.

 

Faktor Internal:

  • Kurangnya permodalan-permodalan meruapakan factor utama yang diperlukan untuk mengembangkan suatu unit usaha. Kurangnya permodalan UKM, karena pada umumnya usaha kecil dan menengah merupakan usaha perorangan atau perusahaan yang sifatnya tertutup.
  • Sumber Daya Manusia yang terbatas. Keterbatasan SDM usaha kecil baik dari segi pendidikan formal maupun pengetahuan dan keterampilannya sangat berpengaruh pada manajemen pengelolaan usahanya, sehingga usaha tersebut sulit untuk berkembang secara optimal.
  • Lemahnya Jaringan Usaha dan Kemampuan Penetrasi Usaha Kecil Jaringan usaha yang sangat terbatas dan kemampuan penetrasi rendah maka produk yang dihasilkan jumlahnya sangat terbatas dan mempunyai kualitas yang kurang kompetitif.

 

Faktor Eksternal :

  • Iklim usaha belum sepenuhnya kondusif dengan kebijaksanaan

Pemerintah untuk menumbuhkembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Terlihat dari masih terjadinya persaingan yang kurang sehat antara pengusaha-pengusaha kecil dan pengusaha besar.

 

  • Terbatasnya Sarana dan Prasarana Usaha

Kurangnya informasi yang berhubungan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi menyebabkan sarana dan prasarana yang mereka miliki juga tidak cepat berkembang dan kurang mendukung kemajuan usaha.

  • Terbatasnya akses pasar

Akses pasar akan menyebabkan produk yang dihasilkan tidak dapt dipasarkan.Secara kompetitif baik dipasar nasinal maupun iternasional,hal tersebut dinilai bakal mengonsentrasikan pasar dan modal kepada sejumlah pihak tertentu sehingga juga menyuburkan ketimpangan sosio-ekonomi. Bukan hanya ketimpangan di masyarakat, kata dia, ketimpangan antarnegara akan meningkat sehingga tidak mungkin tercipta upaya berkelanjutan ke depan.Untuk memastikan hak-hak dasar publik terpenuhi dalam perjanjian dagang dibutuhkan kewajiban transparansi dan keterlibatan publik dalam proses negosiasi

  Upaya untuk Pengembangan UKM                                                   

Perlu diupayakan hal-hal berikut:

  1. Penciptaan usaha yang kondusif

Mengusahakan keamanan berusaha dan ketentraman serta penyederhanaan
prosedur perizinan usaha, keringanan pajak.

  1. Perlindungan usaha jenis tertentu

Terutama jenis usaha tradisional yang merupakan usaha golongan ekonomi. Pemah, harus mendapatakan perlindungan dari pemerintah baik melalui undang-undang maupun peraturan pemerintah. Salah satu yang menjadi momok bagi perusahaan adalah risiko kerugian terhadap jiwa dan hartanya. Kerugian ini sering terjadi tampa diduga sebelumnya. Resiko kerugian ini sering terjadi dan mengancam nyawa atau jiwa seseorang, misalnya menyebabkan kematian atau cacat seumur hidup. Selain itu, risiko kerugian juga dapat mengancam harta dan benda pengusahaa tersebut, seperti resiko kehilangan, kerusakan,kebakaran, dan kerugian lainnya. Resiko-resiko ini pada akhirnya akan menelan biaya besar dan membuat kehidupan usaha tersebut menjadi bangkrut.
Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam melakukan uasha selalu ada resiko kerugian.

  1. Mengembangkan Promosi

Untuk lebih mempercepat  kemitraan antara UKM dengan usaha-usaha besar. Dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang di buat untuk mempengaruhi seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Jadi promosi merupakan usaha perusahaan  untuk menciptakan kesadaran, memberi tahukan membujuk dan mempengaruhi  konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk yang di tawarkan   perusahaan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: