14 Agustus 2018 written by djohan darmady

Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil menurut Djohan Darmady

kebanyakan orang pasti ingin mempunyai usaha sampingan bukan? Karna adanya usaha sampingan akan menambah pendapatan anda, maka dari itu banyak sekali orang yang ingin mempunyai usaha sampingan. Dan usaha apa saja yang bisa dijadikan usaha sampingan, oleh karna itu ada beberapa ide yang bisa anda gunakan untuk membuat usaha sampingan:
1. Laundry Kiloan
Yang pertama yaitu laundry kiloan, apalagi Di jaman yang sudah serba praktis seperti sekarang ini, masih banyak orang berfikir pragmatis. “Daripada waktu habis untuk mencuci pakaian, mending laundry saja.” Oleh karena itu, ide untuk membuka usaha laundry kiloan menjadi sangat populer. Pemain bisnis di bidang ini juga sudah mulai menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan daerah kampus maupun tempat kerja.
2. Cuci Motor dan/atau Mobil
Bisnis ini seolah tak pernah sepi. Orang rela antri hingga berjam-jam untuk mendapatkan giliran. Harga, kualitas dan tenaga yang dikeluarkan untuk cuci motor dan mobil ini membuat banyak pemilik kendaraan lebih memilih jasa cuci profesional dibandingkan cuci sendiri. Karna banyak yang beranggapan jika mencuci di jasa cuci maka hasilnya akan lebih bersih ketimbang mencuci sendiri. Oleh karna itu bisnis ini dapat menjadi ide usaha sampingan anda nantinya.
3. Desain Grafis
Bagi anda karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis, bisnis ini akan sangat cocok untuk anda. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior. Dan bisnis ini pun tidak membutuhkan modal berarti, hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang harus anda tingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan anda. Produk yang kreatif dan tepat waktu adalah kunci sukses bisnis ini. Dengan ini anda juga kan mendapatkan uang dari usaha tersebut.
4. Les Privat
Pada saat ini jasa les privat sangat dibutuhkan oleh kebanyakn orang tua, untuk membantu anak-anaknya dalam belajar. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing atau bermusik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya. Awalnya anda bisa mulai dari rumah ke rumah mendatangi murid-murid. Tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, Anda pun bisa membuka tempat les sendiri di rumah sehingga bukan anda yang keliling tapi para murid lah yang akan datang ke rumah anda.
5. Menjahit Pakaian
Usaha ini juga sangat cocok untuk Anda yang memiliki keterampilan dalam hal menjahit pakaian, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi sebuah ide usaha sampingan. Usaha sampingan yang melayani jasa menjahit pakaian pada awalnya terdengar kurang menarik. Perlu diingat kembali bahwa konsep usaha sampingan adalah untuk membuat waktu luang Anda lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk membuka kios jahit sendiri.
Menurut saya langkah awal yaitu membuka usaha dengan modal tidaklah besar, dan lakukan denga perlahan-lahan. Karna jika anda memulai dengan terburu-buru, maka hasilnya pun sesuai dengan apa yang sudah anda pikirkan.
Nah itu adalah beberapa ide usaha sampingan yang bertujuan untuk memanfaatkan waktu luang, ataupun untuk menambahkan penghasilan anda. Dan semoga artikel ini sangatlah bermanfaat untuk anda yang baru saja ingin mempunyai bisnis sampingan anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: