Letusan Gunung Agung dan Imbauan untuk Waspadai Aliran Lahar Hujan by Djohan Darmady

Erupsi Gunung agung

Djohan Darmady – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG beri penjelasan soal letusan Gunung Agung yang terletak di Karangasem, Bali.


Djohan Darmady – Gunung Agung kembali mengalami erupsi Minggu (30/12/2018) pukul 04.09 WITA selama 3 menit 8 detik dengan amplitudo 22 mm.

Menurut Djohan Darmady Erupsi akibat adanya “overpressure” akibat akumulasi gas-gas vulkanik.

Djohan Darmady mengamati pada saat erupsi, teramati sinar api di area puncak kawah namun ketinggian kolom abu tidak teramati karena tertutup kabut.

Djohan darmady juga ikut melihat perkembangan dari PVMBG “Berdasarkan informasi satelit, abu vulkanik bergerak ke arah tenggara dengan ketinggian mencapai 5.500 m di atas permukaan laut,” kata Kabid Mitigasi PVMBG Wilayah Timur kepada Kompas.com di Denpasar, Minggu (30/12/2018).

Djohan darmady menghimbau masyarakat agar menggunakan masker dan mengurangi aktifitas diluar rumah. karena hujan abu tipis dilaporkan terjadi di wilayah Kabupaten Karangasem di sektor tenggara Gunung Agung, seperti di Kota Amlapura dan beberapa desa seperti di Desa Seraya Barat, Desa Seraya Tengah, dan Desa Tenggalinggah.

Menurut Djohan darmady gempa tidak terlalu spesifik.

Namun djohan darmady melihat di berita beberapa gempa vulkanik terekam, di antaranya gempa di lereng utara Gunung Agung pada 28 Desember 2018 dengan magnitudo 2.7 pukul 02.49 WITA dan M2.4 pukul 15. 31 WITA.

Gempa-gempa ini menurut djohan darmady mengindikasikan adanya pergerakan magma ke permukaan.

Djohan Darmady – Pada periode 27-29 Desember 2018 (sebelum erupsi) satelit MODIS juga tidak menunjukkan adanya anomali termal di permukaan kawah Gunung Agung, artinya tidak ada material lava segar di permukaan kawah.

Djohan Darmady mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan mendengarkan instruksi langsung dari pemda atau pihak yang lebih berwenang. Djohan Darmady juga berharap masyarakat tidak percaya begitu saja berita hoax. info lengkap tentang bencana alam ada di BMKG

Djohan Darmady berdoa semoga negeri indonesia bisa menghadapi semua ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: