13 July 2018 Written by Djohan Darmady

Sukses: Berani, Mencoba, dan Berani Mencoba Menurut Djohan Darmady

Sukses. Sebagian besar bahkan mungkin hampir semua orang menggantungkan tujuan hidupnya pada kata tersebut.  Sukses telah menjadi tolak ukur nomor satu dalam alur kehidupan manusia, baik kehidupan dunia maupun kehidupan setelah mati. Setiap orang memiliki pandangan masing-masing mengenai kesuksesan. Beberapa orang menilai bahwa sukses itu dilihat dari jabatan, harta, dan kehormatan. Sebagian lagi memandang kesuksesan dari bagaimana cara mereka berhasil menang atas segala cobaan dan masalah yang mereka terima.

Orang-orang mempunyai jalan mereka sendiri dalam meraih kesuksesan. Sukses tidak pernah memiliki rahasia. Dia dapat dicapai melalui berbagai hal, seperti sikap, keyakinan, dan kebiasaan. Sikap seseorang dapat menentukan lancar atau tidaknya jalan menuju kesuksesan. Jika ia serius dalam mewujudkan tujuan hidupnya, maka sukses dapat ia genggam. Pada lain pihak, keyakinan juga mempengaruhi mulusnya jalan menggapai sukses. Ketika seseorang berjuang menjadi orang sukses namun di tengah jalan ia ragu dan kehilangan keteguhan, maka perjalanan itu akan menjadi lebih berat dari sebelumnya. Kebiasaan seseorang juga menentukan sebuah kesuksesan. Ukuran sukses seseorang bergantung pada kebiasaan yang ia lakukan dalam kesehariannya.

 

Hal-hal rutin yang menjadi kebiasaan mampu mempengaruhi maksimal atau tidaknya seseorang dalam meraih kesuksesan tersebut. Salah satu kebiasaan orang-orang sukses adalah berani mencoba. Tiga hal penting yang perlu diperhatikan dari kebiasaan tersebut yaitu berani, mencoba, dan berani mencoba. Ketiga hal itu tampak sama namun memiliki makna yang berbeda.

  • Pertama, berani dalam sukses adalah sebuah sikap untuk terus mendaki tanpa ada keraguan dalam tiap langkahnya.

  • Kedua, mencoba meruapakan suatu hal yang mutlak diperlukan dalam pencapaian sebuah kesuksesan. Tanpa mencoba, seseorang tidak akan mampu mengukur kemampuan dan kapasitasnya untuk menyingkirkan rintangan menuju kesuksesan.

 

  • Ketiga, berani mencoba yaitu melangkah tanpa ragu untuk menemukan jalan keluar di setiap tembok halangan dalam menapaki tebing kesuksesan.

Keberanian dalam mencoba sesuatu merupakan kebiasaan seseorang yang luar biasa. Namun, hal itu tidak mudah untuk dilakukan. Banyak faktor-faktor yang dapat merusak kebiasaan tersebut. Memperkuat keyakinan dan tetap istiqomahmenjadi hal utama dalam bertahan untuk meraih kesuksesan.   Hal ini dapat menjadi alat untuk menyadarkan seseorang bahwa sukses membutuhkan proses yang tidak instant.

Selama hidup, kita dihadapkan pada dua pilihan. Kita lah yang menjadi pemegang kendali dalam menentukan pilihan. Hanya ada dua pilihan untuk mempertahankan eksistensi kita sebagai makhluk berakal dan berkepribadian. Pilihan menjadi baik atau jahat, menjadi orang yang berpikiran positif atau negatif, menjadi pintar atau bodoh, dan sebagainya. Berani memilih dan mencobanya merupakan cara ampuh untuk sukses. Mengapa butuh keberanian mencoba? Karena dalam setiap pilihan mengandung risiko yang tidak dapat diabaikan dan kita bertanggung jawab dalam menghadapinya. Beranilah memilih yang terbaik untuk menjadi yang terbaik.

Poin penting yang perlu diingat bahwa sukses juga sebuah pilihan. Artinya jika kita memilih untuk menjadi seseorang yang sukses, ada harga dan pengorbanan yang perlu dibayar. Seberapa besar sukses itu berbanding lurus dengan seberapa banyak pengorbanan yang kita berikan.

Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai seperti membalikkan telapak tangan. Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras, keuletan, kegigihan, dan kedisiplinan. Hal itu juga harus dibarengi dengan sikap pantang menyerah dan tidak cepat putus asa. Semua cita-cita dan ambisi hanya bisa direngkuh apabila kita mau terus belajar berbagai hal, dimana pun dan kepada siapapun.

Jelaslah bahwa kesuksesan bukan sesuatu yang dapat diperoleh dengan sekedar duduk santai dan berkhayal. Harus ada tindakan nyata dalam mewujudkannya. Tidak ada perjuangan, maka tak ada kesuksesan. Butuh keberanian yang tak goyah diterpa hujan masalah untuk memetik sebuah sukses. Kita juga butuh tindakan dengan mencoba segala sesuatu tanpa pernah menyerah kepada keadaan hingga kesuksesan itu menaungi kita. Tindakan awal lah yang menentukan seseorang sebagai pemenang atau pecundang. Seperti kata pepatah cina kuno sebagai berikut, “Pencapaian besar selalu diawali dengan sebuah langkah kecil”.

Perlu diketahui bahwa ada hal yang selalu mengintai langkah kita untuk sukses, yaitu kegagalan. Tersandung, terantuk, bahkan terjatuh menjadi hal biasa dalam berjuang. Pemenang bukanlah dia yang berdiri paling tinggi, bukan dia yang berteriak paling keras, bukan juga dia yang tak pernah menangis. Namun, pemenang adalah dia yang tidak takut terjatuh serta dia yang bangkit setelah dihempas kegagalan. Mengutip dari perkataan Abraham Lincoln semasa beliau hidup, “Sukses adalah berjalan dari satu kegagalan ke kegagalan yang lain tanpa kehilangan semangat”.

Membiasakan diri untuk berani menghadapi risiko dan kemungkinan gagal dalam mencapai kesuksesan merupakan sesuatu yang luar biasa. Apalagi jika ditambah dengan terbiasa mencoba segala sesuatu tanpa menyerah, maka sukses akan terlalu mudah untuk dicapai. Oleh karena itu, mulai sekarang paksakan diri kita untuk mau melakukan sesuatu daripada hanya menjadi pengamat.

Hidup sebenarnya merupakan hal yang indah apabila kita menguasai rahasianya serta memiliki kunci untuk tetap bertahan. Semua manusia diciptakan agar sukses dalam segala aspek kehidupannya. Kesuksesan tidak diraih secara gratis. Butuh perjuangan dan keringat untuk mewujudkan sebuah kesuksesan sejati. Jangan takut untuk memulai dan jangan ragu untuk mencoba lagi. Mengerahkan segala kekuatan dengan usaha yang maksimal akan membantu kita untuk sukses. Jika itu semua telah dikerahkan, hal terakhir yang perlu dilakukan adalah bersyukur. Hingga nanti pada akhirnya sukses itu ada di pikiran, pundak, dan genggaman tangan kita. Menang dan jadilah besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: