2 Agustus 2018 Written by Djohan Darmady

Tips mendapatkan foto bagus dengan smartphone by Djohan Darmady

Jika anda mempunyain hobi mengambil gambar tetapi anda tidak mempunyai kamera yang terbilang bagus, tenang saja dengan menggunakan smartphone anda juga bisa mendapatkan hasil yang bagus tanpa menggunakan kamera. Tentu saja anda bertanya-tanya Bagaimana sih cara mendapatkan hasil yang bagus dengan hanya menggunakan smartphone saja, caranya yaitu sebagai beri

Jangan gunakan zoom, mendekatlah ke obyek foto
Kebanyakan Lensa di kamera smartphone biasanya memilik panjang focal 25 sampai 28 mm yang dalam ranah fotografi dikenal sebagai lensa sudut lebar, itulah sebabnya obyek jadi terlihat lebih kecil dibandingkan sebenarnya. Dan dari itu kita sering kali tergoda untuk melakukan yang namanya pinch to zoom saat memotret dengannya. Hindari hal ini, karena zooming secara digital seperti ini layaknya anda melakukan cropping foto di komputer, resolusi foto jadi turun dan terpotong. Makin dahsyat kita melakukan zoom, makin besar degradasi resolusi foto.
 Pastikan cahaya yang menerangi obyek mencukupi
Kamera yang terdapat di handphone tidaklah sesensitif seperti mata kita yang bisa melihat di keremangan. Usahakan agar cahaya yang digunakan untuk menerangi obyek foto mencukupi, hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor. Jika tersedia, gunakan flash saat memotret indoor. Namun harus diingat bahwa jarak efektif flash adalah sekitar 2-3 meter, jadi jangan berharap kita bisa menerangi seisi ruangan dengan flash.
Pegang handphone se-stabil mungkin
Semakin stabil kamera semakin bagus foto kita. Jadi kalau tangan anda tidak tenang ataupun bergoyang-goyang maka hasil yang anda dapatkan tidak fokus atau yang bisa di sebut blur, maka usahakan agar tangan kita tenang saat mengambil foto, agar foto yang kita dapatkan hasinya akan bagus. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran, misalnya pohon atau tembok sehingga membantu kestabilan tangan, saat mengambil foto.
Cobalah memotret dari tempat yang tidak biasa
Cobalah memotret dari sudut yang tidak biasa, misalnya jongkoklah dan memotretlah dari sudut yang lebih rendah dari objek fotonya, jika saja anda memotret foto dengan sudut yang biasa-biasa saja maka hasilnya pun juga biasa-biasa saja. Dengan begitu foto kita memberi kesan khusus yang tidak biasa dilihat mata manusia normal.
Pastikan lensa selalu bersih
Selanjutnya yaitu pastikan anda selalu membersihkan lensa kamera anda, Sebaik apapun kita memotret dan sebagus apapun obyek foto tapi jika lensa kita kotor maka hasilnya pastilah jelek. Misalnya jika handphone kita lama berada di kantong maka kotoran kelamaan akan menempel di lensa kamera, oleh karena itu anda harus secara berkala bersihkan lensa dari kotoran. Gunakan kain lembut untuk membersihkan, anda tak perlu cairan apapun. Jika terkena minyak, gunakan cairan pembersih LCD atau kacamata.
Kenali waktu jeda shutter
Kamera handphone memiliki apa yang disebut shutter lag, yakni waktu jeda antara saat kita memencet dan saat kamera mulai mengambil foto. Kamera handphone juga Tidak seperti kamera DSLR yang secepat kilat mengambil foto setelah kita memencet eksposur, handphone lumayan lelet. Kenali waktu jeda ini dengan baik supaya tangan kita tetap tenang sesaat setelah kita menekan shutter.
Itu adalah beberapa tips memotret dengan hasil yang bagus tanpa menggunakan kamera DSLR, tetapi cuma dengan menggunakan kamera handphone saja. Semoga artkel ini sangatlah bermanfaat untuk anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: